Selasa, 09 Juni 2015

Consistency and Standards - pnri.go.id

Kajian kedua dari pronsip Nielsen yang diterapkan pada kajian pembahasan situs pnri.go.id ialah Consistency and Standards
Users should not have to wonder whether different words, situations, or actions mean the same thing. Follow platform conventions.
Pada bagian ini dibahas  mengenai konsistensi menu yang disediakan sistem dengan output yang ditampilkan

1) Tracking Tidak Konsisten

Terdapat kesalahan dalam pelarasan track menggunakan breadcumb. Menu produk hukum yang sebenarnya bukan bagian dari Koleksi Digital. Namun, pada tracking yang dilakukan produk hukum adalah bagian dari menu Koleksi digital, hal ini cukup membingungkan user.

Rekomendasi Perbaikan:
Harus dibenahi kekonsistenan dari tracking yang diberikan.

_________________________________________________________________________________

2)Perpindahan Halaman yang Tidak Standar

Dalam beberapa submenu saat dilakukan akses kita diantarkan kepada sebuah halaman yang baru dimana design situs dan fungsi berbeda 100%, hal ini menunukan ketidak konsistenan karena  kita sebenarnya melakukan interaksi dengan pnri.go.id bukan dengan yang lain.

Rekomendasi Perbaikan:
Sebaiknya interaksi hanya dilakukan didalam situs saja, agar user tidak merasakan perubahan yang design secara tiba-tiba.

_________________________________________________________________________________

3)Ketidak Konsistenan Link

Ketika user mengklik menu registrasi pada tampilan beranda, user justru dihadapkan pada menu login saya pikir hal ini membingungkan dan jelas tidak konsisten dengan apa yang di tuliskan pada bagian registrasi

Rekmendasi Perbaikan:
Sebaiknya setiap link yang menghubungkan dengan user harus dibuat konsisten agar tidak membingungkan

_________________________________________________________________________________

4) Buku Tidak Ditemukan
Sejatinya saat kita melakukan kunjungan ke perpustakaan kita pasti menemukan buku, saat perpustakaan berbentuk digital pun kita harusnya menemukan buku digital . Saat melakukan akses kedalam menu buku digital user hanya diperhadapkan dengan judul dan detail buku. Hal ini tentu tidak konsisten dengan submenu yang diberikan.

Rekomendasi Perbaikan
Pengaksesan terhadap buku seharusnya dibuat jauh lebih mudah dibanding pengaksesan terhadap detail buku.
_________________________________________________________________________________

Severity Ratings
Berdasarkan severity ratings versi Jakob Nielsen (1995) dari skala 0 - 4, permasalahan usability ini juga diberi rating 4. Artinya permasalahan in termasuk pada kategori  usability catashtrope:imperative to fix  this before product can be release. Artinya perbaikan harus dilakukan sebelum situs diterbitkan




Kajian Berikutnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar