Selasa, 09 Juni 2015

Recognition rather than recall - pnri.go.id


Kita sampai pada pembahasan ketiga mengenai Recognition rather than recall prinsip evaluasi euristic yang dicetuskan oleh Jakob Nelson
Minimize the user's memory load by making objects, actions, and options visible. The user should not have to remember information from one part of the dialogue to another. Instructions for use of the system should be visible or easily retrievable whenever appropriate.
Artinya sistem meminimalkan ingatan pengguna dengan objek , pilihan yang mudah terlihat, dengan kata lain sistem memberikan suggesti kepada user untuk memudahkan ingatan terhadap sesuatu yang diperlukan user.
Pada pnri.go.id terdapat permasalahan yang terkait prinsip ini

1)Tidak Ada Sugesti dalam Search

Sugesti tidak diberikan dalam layanan search ini hal ini mengakibatkan user harus mengingat secara total dan jelas apa yang harus dicari didalam sistem.

Rekomendasi Perbaikan:
Berikan suggesti kepada search engine agar memudahkan user untuk melakukan pencarian yang diinginkan.

_________________________________________________________________________________

2)Permasalahan  Login
Saat melakukan login kita harus mengetikan kembali nomor anggota dan password meski sudah login sebelumnya hal ini cukup membuat user tidak nyaman karena harus mengngat Id anggota yang panjang untuk login.

Rekomendasi Perbaikan:
Berikan Nomor anggota pada saat login ketika user baru melakukan login, sehingga user akan hanya memasukan password saja.

_________________________________________________________________________________

Saverity Rating
Berdasarkan severity ratings versi Jakob Nielsen (1995) dari skala 0 - 4, permasalahan usability ini juga diberi rating 2. Artinya permasalahan in termasuk pada kategori Minor usability problem: fixing this should be given low priority. Artinya perbaikan disini cukup diberikan prioritas yang rendah.



Kajian Berikutnya




Tidak ada komentar:

Posting Komentar