Selasa, 09 Juni 2015

Visibility Of System Status - pnri.go.id

Kajian Pertama saya akan membahas mengenai Visibility Of System Status yang dicetuskan oleh Nielsen. J.
The system should always keep users informed about what is going on, through appropriate feedback within reasonable time.
Artinya sistem harus memberitahu kepada pengguna / feedback agar user  mengetahui sudah sejauh mana sistem melakukan proses terhadap inputan yang dimasukan. Pada prinsip ini diberikan juga tempat user berada . Pada situs pnri.go.id terdapat masalah dalam prinsip  ini

1. Pengguna tidak mengetahui dimana berada.


Gambar 1 Tidak Ada Pemberitahuan Lokasi

User mengalami kesulitan ketika masuk pada bagian menu dari sistem ini karena tombol header yang berjalan hanya pada beberapa bagian  menu saja, padahal menu breadcumb sangat diperlukan untuk memudahkan user menganalisa dimana posisi dia berada .Karena pada sistem ini, submenu yang dibuka mengarahkan kita pada situs yang lain.

Rekomendasi Perbaikan :
Sebaiknya diberikan tracking breadcumb yang berfungsi memberikan pengertian kepada user mengenai posisi dimana dia berada saat ini.
                                                                                                                                                                   


2) Tombol Menu Header Tidak Jelas
Gambar 2. Design Menu Header Sama


Saat masuk ke sistem terdapat tombol-tombol menu pada header  sistem yang berfungsi untuk memudahkan user untuk melakukan interaksi dalam menjelajahi sistem. Namun, pada website ini tombol pada menu sedikit membingungkan karena tidak terlihat berbeda tombol pada antar menu, namun hal ini cukup dibantu dengan berubahnya warna tombol saat user memilih menu. Pada beberapa bagian menu dan navigasi seperti dapat ditekan, padahal sebenarnya tidak, hal ini dikarenakan bentuk pointer yang berubah menjadi bentuk telunjuk, namun ketika di klik pada beberapa menu tidak terjadi apapun, tetapi pada beberapa menu yang lain, halaman berpindah.hal ini cukup membingungkan user.

Rekomendasi Perbaikan:
Menu header seharusnya dibedakan satu bagian dengan bagian lainnya kemudian saat user berada pada menu tertentu sebaiknya menu header berubah warna untuk memberikan pemahaman kepada user dimana dia berada, sebaiknya semua tombol navigasi dilakukan aksi yang sesuai dengan pointer yang menunjuknya.
                                                                                                                                                                   

 Saverity Ratings

Berdasarkan severity ratings versi Jakob Nielsen (1995) dari skala 0 - 4, permasalahan usability ini diberi rating 3. Artinya permasalahan in termasuk pada kategori Major usability problem: important to fix, so should be given high priority. Artinya penting untuk diperbaiki dan termasuk prioritas yang tinggi.


Kajian Berikutnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar